Cara Meninggikan Badan Dengan Olahraga

Cara meninggikan badan dengan olahragaMemiliki tubuh pendek terkadang memberikan rasa kurang percaya diri. Bukan hanya malu sendiri, terkadang banyak teman yang sering usil dan membully temannya yang bertubuh pendek. Apalagi jika sedang berjalan bareng teman-teman sebaya yang lebih tinggi dan Anda terlihat pendek sendiri.

Tinggi atau pendeknya badan sesorang memang bisa ditentukan oleh beberapa faktor. Faktor yang pertama tentu karena faktor gen atau keturunan. Jadi jika orang tuanya, misalnya ayah atau ibu bahkan kedua-keduanya pendek, maka anaknya pun kemungkinan besar akan berbadan pendek. Begitu juga jika orang tuanya tinggi maka anaknya akan berbadan tinggi.

cara-meninggikan-badan-dengan-olahraga

Selain itu ada juga faktor nutrisi atau gizi. Faktor nutrisi juga bisa sangat menentukan terhadap perkembangan tubuh manusia, apalagi asupan kalsium dan protein pada saat masa pertumbuhan. Orang yang nutrisinya terpenuhi dengan baik akan cenderung lebih tinggi daripada orang yang kekurangan asupan nutrisi.

Faktor olahraga. Anda mungkin memiliki teman yang hobi berolahraga? Anda bisa bandingkan biasanya badannya lebih tinggi dan Ideal jika dibandingkan dengan orang yang sama sekali jarang berolahraga? Beberapa olahraga tertentu yang jika dilakukan secara rutin, apalagi menjadi hobbi memang akan sangat efektif dalam membantu bertambahnya tinggi badan.

Dari ketiga faktor di atas, hanya faktor nutrisi dan faktor olahraga lah yang masih bisa diupayakan. Jadi sekalipun orang tua Anda tidak berbadan tinggi jangan optimis dulu, selama Anda masih dalam masa pertumbuhan, lakukanlah olahraga yang efektif meninggikan badan dengan rutin, serta cukupkanlah nutrisi yang anda konsumsi.

Berikut cara meninggikan badan dengan olahraga yang jika dilakukan secara rutin akan membantu menambah tinggi badan.

  1. Lompat tali atau skipping.
Baca Juga :   Cara Efektif Meninggikan Badan Dengan Sehat

Inilah salah satu olahraga yang paling simpel dan mudah untuk membantu Menambah tinggi badan. Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bila dilakukan secara rutin, skipping akan sangat membantu merangsang pertumbuhan tulang dan tinggi badan. Selain itu juga membantu kesehatan paru dan jantung Anda.

Olahraga renang sangat efektif membantu mempercepat tinggi badan karena mampu menggerakan seluruh otot-otot tubuh. Bukan hanya itu, renang juga mampu membantu menjaga kesehatan tubuh terutama paru-paru dan jantung. Lakukanlah  dengan rutin minimal 2 kali dalam seminggu.

Anda bisa lihat para atlet basket atau pemain basket pada umumnya yang memiliki tinggi badan di atas rata-rata. Hal itu karena olahraga basket merupakan olahraga yang melakukan aktivitas loncatan. Itu memungkinkan otot-otot, terutama pada kaki merenggang dan memanjangkan tulang.

Sama halnya dengan basket, badminton juga menuntut pemainnya untuk melakukan banyak loncatan yang akan merenggangkan otot-otot dan merangsang pertumbuhan tulang. Selain badminton olahraga serupa misalnya volly.

  1. Hanging exercise.

Olahraga ini sangatlah sederhana tapi juga efektif dalam merangsang tinggi badan. Hanging exercise dilakukan dengan cara menggantung badan dengan memegang tiang membentang atau lainnya yang bisa dipegang untuk bergelantungan. Angkat kaki dan luruskan ke depan, tahan beberapa detik dan kembali ke posisi semula.

Itulah beberapa cara meninggikan badan dengan olahraga yang bisa dilakukan. Namun penting untuk diingat, bahwa masa pertumbuhan manusia ada batasnya. Pada laki-laki umumnya terhenti pada usia 18-20 tahun, dan wanita 15-16 tahun. Jadi rutin lah olahraga pada masa pertumbuhan, sebab jika hanya dilakukan sekali-dua kali mustahil ada penambahan tinggi badan.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *